Tema dan Logo Hari Guru Tahun 2022 Berserta Filosofinya - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tema dan Logo Hari Guru Tahun 2022 Berserta Filosofinya

Dalam wikipedia dijelaskan bahwa Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah. Di setiap negara, Hari Guru ditetapkan dengan tanggal yang berbeda-beda. Indonesia menetapkan Hari Guru pada 25 November.

Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Tema Hari Guru Tahun 2022

Tema Hari Guru Kementerian Agama Tahun 2022 ialah Berinovasi Mendidik Generasi. Maksud dari tema ini ialah sebagai berikut:
  • Berinovasi adalah keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi tertentu, menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi. Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan hampir seluruh sektor terkena dampak, tidak terkecuali dunia pendidikan. Sementara proses pendidikan harus tetap berjalan untuk memastikan bahwa para generasi unggul bangsa Indonesia harus tetap terpenuhi haknya dengan mendapatkan pendidikan terbaik. Tenaga pendidik dituntut untuk mampu memberi dan menjadi solusi dengan melakukan inovasi, karena inovasi adalah sebuah kebutuhan dan keharusan di era kebiasaan baru.
  • Mendidik generasi adalah tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika. Karena inti dari pendidikan adalah mewujudkan generasi unggul dengan pengetahuan yang beretika.
Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 diperingati setiap tanggal 25 November 2022 Peringatan ini sebagai bentuk mengenang, menghargai, dan mengapresiasi jasa para guru di Indonesia. Sebagai bagian untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Kementerian Agama RI secara resmi memperkenalkan Logo Hari Guru Nasional (HGN) 2022.

Logo Hari Guru Tahun 2022

Berikut Logo Hari Guru Tahun 2022,

Logo di atas memiliki filosofi dan makna yang sangat mendalam. Berikut makna filosofi Hari Guru Nasional (HGN) 2022;
  1. Bunga Tulip. Bunga Tulip dalam logo HGN 2022 memiliki filosofi sebagai Simbol kasih sayang yang tak terhingga, merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.
  2. Matahari. Selanjutnya, Matahari dari logo hari guru 2022 melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. al-Ilmu Nurun (Ilmu adalah cahaya).
  3. Pendidik. Pendidik atau guru yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa) untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.
  4. Pena. Pena dalam logo HGN Tahun 2022 melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan yang ia hadapi.
  5. Buku. Buku memiliki filosofi sebagai jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi bagi guru untuk menemukan ide-ide aktual sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.
  6. Daun. Daun dalam logo peringatan Hari Guru Nasional menggambarkan kontribusi guru-guru Madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswanya.
  7. Garis Zigzag. Garis Zigzag sebagai gambaran transformasi guru Madrasah yaitu kemauan beradaptasi di segala kondisi untuk menjadi guru yang hebat.
  8. Warna Logo. Keragaman warna pada logo HGN 2022 merepresentasikan sifat yang dimiliki oleh guru . Warna tersebut meliput, Emas (Ceria dan optimis), Hijau (Religius dan harmonis), Biru (Cerdas dan bijaksana), dan Crimson (Hangat, Simpati dan empati).

Download Penjelasan Tema dan Logo Hari Guru Tahun 2022


Post a Comment for "Tema dan Logo Hari Guru Tahun 2022 Berserta Filosofinya"