Contoh Surat Rekomedasi Dari KUA Tentang Perpanjangan IZOP MDT - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Rekomedasi Dari KUA Tentang Perpanjangan IZOP MDT


Madrasah Diniyah Takmiliyah adalah lembaga pendidikan Islam non formal yang saat ini berkembang pesat di masyarakat terutama yang di wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Lembaga pendidikan ini mengambil peran yang sangat besar dalam melaksanakan tujuan pendidikan Nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan salah satu lembaga yang berbasis masyarakat. Lembaga ini berdiri atas inisiatif dari masyarakat, dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat. Sejarah mencatat bahwa pendidikan Madrasah Diniyah dipengaruhi oleh Islam Timur Tengah karena masuknya Islam ke Indonesia dibawa oleh para ulama dari jazirah Arab. Awal mula diadakannya Madrasah Diniyah adalah untuk membekali dan memperdalam pendidikan agama Islam bagi anak-anak dan remaja. Keberadaan Madrasah Diniyah dianggap sebagai embrio lembaga pendidikan pesantren.


Seiring perkembangan zaman keberadaan Madrasah Diniyah bertujuan untuk dapat belajar secara seimbang antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum sehingga nama Madrasah Diniyah mendapatkan tambahan “Takmiliyah” dan menjadi Madrasah Diniyah Takmiliyah yang berarti madrasah yang mempelajari ilmu agama sebagai pelengkap bagi siswa yang belajar pada sekolah formal, yaitu memberikan pendidikan agama Islam tambahan sebagai penyempurna bagi siswa MI/SD, siswa MTs/SMP, dan siswa MA/SMA yang hanya mendapat pendidikan agama Islam dua jam pelajaran dalam satu minggu, oleh karena itu sesuai dengan artinya maka madrasah tersebut dinamai Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Contoh Surat Rekomedasi Dari KUA Tentang Perpanjangan IZOP MDT

Dalam menyelenggarakan kegiatan MDT, diperlukan Izin Operasional (IZOP) dari pemerintah yang menyatakan bahwa lembaga tersebut diberi izin untuk melakukan pembelajaran dan dapat mengajukan bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

Saat ini, dalam proses ajuan IZOP baru atau perpanjangan menggunakan aplikasi online di Sintren Kemenag. Diantara syarat yang harus diupload saat mengajukan Perpanjangan IZOP di Sintren Kemenag ialah Surat Rekoemendasi Dari KUA setempat.

Berikut sontoh Surat Rekomedasi Dari KUA Tentang Perpanjangan IZOP MDT,





================================

KOP KUA

================================

Nomor : <<< Isi Nomor KUA >>>>                        Sangkapura, 11 Januari 2024
Sifat : Segera
Lampiran : 1 Bendel
Hal : Rekomendasi Perpanjangan Izin Operasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho (MDTW) Hasan Jufri

Yth. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik
u.p. Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren
di – Gresik
Menindaklanjuti surat dari Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho (MDTW) Hasan Jufri Nomor : 043/MDTW-HJ/12/2023 tanggal 28 Desember 2023, Perihal Permohonan Surat Rekomendasi Perpanjangan Izin Operasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho. Setelah diadakan pengecekan proposal serta verifikasi dan visitasi lapangan, maka kami menyetujui dan ikut mendukung dipenuhinya permohonan dari:
  • Nama Madrasah Diniyah : Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho Hasan Jufri
  • Alamat : Jl. Raya Kebunagung
  • Desa / Kelurahan : Lebak
  • Kecamatan : Sangkapura
  • Kabupaten : Gresik
  • Provinsi : Jawa Timur
  • Nomor Kontak : 081357828484
  • NSDT : 321235250293
  • Tahun Berdiri : 2016
  • Nama Pimpinan : Abdul Wafid, S.H., S.Pd., M.A.P.
  • Nama Yayasan : Yayasan Pondok Pesantren Hasan Jufri
  • Nama Ketua Yayasan : Nyai Hj. Faizah
Menerangkan Bahwa :
  1. Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho (MDTW) Hasan Jufri tersebut terdaftar dan berada diwilayah Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur;
  2. Kami tidak keberatan dan memberikan rekomendasi kepada Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya Hasan Jufri alamat Jl. Raya Kebunagung Desa Lebak Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik.
Demikian remokendasi ini kami buat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya,

Kepala,



R. MOHAMMAD ALI MASYHAR, MA
NIP. 197409262006041007



Informasi Investasi Properti

Mari gabung bersama kami menginvestasikan kekayaan di properti, klik gambar berikut!


Post a Comment for "Contoh Surat Rekomedasi Dari KUA Tentang Perpanjangan IZOP MDT"