Materi Asesmen Nasional (ANBK) - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Asesmen Nasional (ANBK)


Kegiatan Asesmen Nasional berbeda dengan kegiatan Ujian Nasional. Perbedaan yang signifikan ialah di materi yang diisi oleh peserta asesmen. Dalam Ujian Nasional siswa menjawab soal-soal mata pelajaran yang ditentukan sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan. Namun, dalam asesmen terdapat materi khusus yang tidak tercakup dalam satu atau dua mapel, melainkan kombinasi dari berbagai mata pelajaran.


Materi Asesmen Nasional (ANBK)

Materi-materi dalam pertanyaan isian Asesmen Nasional terdiri dari 3 (tiga) macam, yaitu:
  1. AKM (Asesmen Kompetensi Minimun)
  2. Sulingjar (Survei Lingkungan Belajar)
  3. Survei Karakter

Berikut penjelasan sekilat tentang tiga materi ANBK

1. AKM (Asesmen Kompetensi Minimun)

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

2. Sulingjar (Survei Lingkungan Belajar)

Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan. Hasil dari Informasi yang diperoleh pada survei lingkungan belajar adalah tentang faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar murid.

3. Survei Karakter

Survei Karakter ditujukan untuk mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu capaian pembelajaran. Pengembangan Survei Karakter Siswa mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Namun, pada pengembangan Survei Karakter Siswa kali ini belum mengikutsertakan akhlak beragama dan akhlak pribadi karena beberapa pertimbangan. Akhlak beragama mengacu pada pemahaman mengenai sifat-sifat Tuhan dan menghayati bahwa inti dari sifat-sifat-Nya adalah kasih dan sayang.

Sumber Materi ANBK

Materi ANBK sekaligus latihan-latihan soalnya dapat dicek di laman -
https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Materi Asesmen Nasional (ANBK)"