Tips Milih Jurusan Saat Daftar UM-PTKIN dan Cara Cek Kouta Prodi UM-PTKIN - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Milih Jurusan Saat Daftar UM-PTKIN dan Cara Cek Kouta Prodi UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. UM-PTKIN merupakan kelanjutan dari SPAN PTKIN. Dimana siswa calon lulusan tahun 2023 yang tidak lulusan dalam pendaftaran PTN melalui jalur SPAN PTKIN dapat melanjutkan ke jalur UM-PTKIN dengan akun yang sama. Begitu juga lulusan tahun 2021 dan 2022.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon mahasiswa sudah harus menentukan PTN yang dituju berikut dengan Prodi yang akan dipilihnya. Tentunya penentukan Prodi dan PTN harus dilakukan setelah mengecek ketersedian kouta dalam setiap prodi di PTN jalur UM-PTKIN tersebut.

Cara Cek Kouta Prodi UM-PTKIN

Untuk mengetahui Kouta yang tersedia, calon mahasiswa harus mengecek ketersediaan Kouta Prodi UM-PTKIN di setiap PTN. Berikut Cara Cek Kouta Prodi UM-PTKIN,

  1. Buka akun UM-PTKIN di laman - https://um.ptkin.ac.id/home
  2. Pilih PTKIN di bagian atas kanan laman (sebelah kanan Beranda)
  3. Pilih PTN yang akan dituju, kemudian klik "Lihat Prodi"
  4. Selanjutnya akan tampil Prodi yang dibuka di PTN tersebut berikut dengan kouta yang tersedia

Cara Cek Kouta UM-PTKIN

Setelah melakukan pengecekan kouta Prodi di PTN yang dituju. Calon mahasiswa harus mempertimbangkan dan tidak sembarangan memilih prodi dan PTN. Kesalahan memilih Prodi dan PTN dapat mempengaruhi kelulusan dalam hasil tes UM-PTKIN.

Tips Milih Jurusan Saat Daftar UM-PTKIN

Agar dapat diterima di PTN melalui jalur UM-PTKIN ini, calon mahasiswa PTN harus hati-hati dan melakukan pertimbangan dalam memilih PTN dan prodinya. Berikut Tips memilih jurusan saat daftar UM-PTKIN,

  • Carilah Prodi yang membuka banyak kouta. Prodi yang membuka banyak kouta penerimaan jalur UM-PTKIN memungkinkan calon mahasiswa lulus di prodi tersebut, sebab skala persaingan merebutkan prodi tidak terlalu tinggi. Seumpama prodi yang dituju membuan 100 kouta, sementara yang daftar hanya 200 calon mahasiswa, tentu persaingan hanya 1 banding 2 yang mudah untuk lebih diterima.
  • Carilah wilayah yang jarang diminati calon mahasiswa. Cara lain agar diterima di PTN melalui jalur UM-PTKIN ialah memilih lokasi yang tidak terlalu diminati mahasiswa. Pilihan di Surabaya, Jogjakarta, Bandung, Jakarta, dan sejenisnya tentu harus bersaing dengan banyak pendaftar. Berbeda halnya saat memilih lokasi di Kalimantan, Papua, Aceh, dan sejenisnya yang tidak terlalu banyak mahasiswa mendaftar.

Demikian Tips Milih Jurusan Saat Daftar UM-PTKIN dan Cara Cek Kouta Prodi UM-PTKIN. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Milih Jurusan Saat Daftar UM-PTKIN dan Cara Cek Kouta Prodi UM-PTKIN"