Solusi NISN Tidak Ditemukan - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi NISN Tidak Ditemukan


NISN merupakan Nomor yang harus dimiliki oleh siswa dilembaga pendidikan, baik sekolah atau pun madrasah, baik negeri maupun swasta. Dengan adanya NISN, menjadi bukti bahwa siswa tersebut resmi terdaftar di lembaga pendidikan.

Dengan NISN, siswa dapan mengakses semua bentuk pelayanan yang ada di pendidikan, mulai dari Penilaian Rapor hinggan Bantuan KIP. NISN tidak hanya menjadi identitas yang bisa sembarangan diterbitkan oleh satuan pendidikan, melainkan terintegrasi dengan database pusat yang disingkronkan dengan seluruh penyelenggara pendidikan di Indonesia.

Diantara manfaat memiliki NISN bagi calon lulusan SMA/SMK/MA sederajat ialah mendapatkan akses untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju melalui jalur SNPMB dan lainnya. NISN menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki oleh siswa untuk daftar di PTN. Tidak hanya itu, NISN tersebut harus juga tervalidasi dan singkron dengan data NIK di dukcapil.

Lantas, bagaimanakah bila NISN tidak singkron dengan data NIK di Dukcapil? atau dalam ungkapan singkatnya, NISN tidak ditemukan.

Solusi NISN Tidak Ditemukan

Ada 2 (dua) kategori dan cara penyelesaian NISn yang tidak ditemukan,


Pertama ialah NISN bagi siswa yang masih berstatus aktif di satuan pendidikan. Memperbaiki data NISN yang tidak singkron dengan NIK bagi siswa aktif bila melalui Verval PD. Hal ini dapat dilakukan oleh operator madrasah yang mempunyai akses ke akun tersebut. Namun, bisa juga dilakukan oleh siswa melalui link Verval NISN.

Kedua ialah NISN bagi lulusan. NISN bagi lulusan yang masih dimasa tunggu kadang sudah dinonaktifkan, sehingga untuk dapat menggunakan NISN tersebut di SNPMB maupuan PTKIN harus melakukan ajuan keaktifan NISN kembali.

Proses bagia model yang kedua ini dapat dilakukan oleh lulusan secara mandiri dengan menyiapkan berkas yang benar dan valid berikut,
  1. KK
  2. Ijazah SMP/Sederajat
  3. Ijazah SMA/Sederajat
Setelah itu, melakukan ajuan Verifikasi dan Validasi NISN bagi Lulusan melalui link - https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan/

Demikian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Solusi NISN Tidak Ditemukan"