Cara Sinkron Siswa Kelas Akhir Dari EMIS Ke PDUM Tahun 2022 - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sinkron Siswa Kelas Akhir Dari EMIS Ke PDUM Tahun 2022


Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan edaran nomor : B-3047/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/10/2022 tentang Pendataan Siswa Kelas Akhir pada Aplikasi PDUM. Dalam edaran tersebut berisi perintah kepada semua operator madrasah agar segera menvalidkan data siswa tingkat akhir di Emis dan melakukan sinkronisasi data siswa pada aplikasi PDUM. Data siswa tingkat akhir yang masuk di PDUM akan menjadi rujukan perhitungan kebutuhan blangko ijazah Tahun 2023.

Akses singkronisasi data telah dibuka sejak tanggal 1 November 2022 kemaren. Pada saat ini, operator masih mempunyai keleluasaan waktu untuk memverifikasi dan menvalidasi data siswa kelas akhir di EMIS dan Verval PD sebelum disingkronkan pada PDUM.


Cara Sinkron Siswa Kelas Akhir Dari EMIS Ke PDUM Tahun 2022

Berikut merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh operator madrasah untukk mensingkronkan data siswa kelas akhir dari EMIS ke PDUM.
1. Buka alamat website pada bwoser di https://pdum.kemenag.go.id/
2. Masuk menggunakan akun PDUM sebagaimana email dan password yang digunakan tahun sebelumnya atau menggunakan akun EMIS bagi pengguna baru.
3. Klik login ke dalam aplikasi
4. Buka menu "Data Siswa", kemudian klik tombol syncron EMIS yang berada di pojok kanan atas. Jika data lengkap maka data akan masuk dengan kategori lengkap dan jika data kurang lengkap maka lakukan kelengkapan di aplikasi EMIS.
5. Langkah terakhir jika data diyakini sudah lengkap dan valid maka silahkan masuk kemenu kelengkapan data data lakukan ajukan validasi.

Semoga bermanfaat.

1 comment for "Cara Sinkron Siswa Kelas Akhir Dari EMIS Ke PDUM Tahun 2022"

  1. assalamualaikum wr.wb. kami mohon dengan sangat bantuannya untuk mengirimkan aplikasi raport digital madin untuk kami pakai , kirim ke email kami
    ahmadzainuri890@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete