INSTRUMEN DAN PERANGKAT AKREDITASI SMA-MA TAHUN 2022 NOMOR 209/P/2021 - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

INSTRUMEN DAN PERANGKAT AKREDITASI SMA-MA TAHUN 2022 NOMOR 209/P/2021

Perangkat Akreditasi Tingkat SMA MA 2022 tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kepmendikbud, Keputusan Ristek No. 209/P/2021 tentang Standar dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar dan Menengah Pendidikan (SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK).



Seperti yang kita ketahui bersama, akreditasi dilakukan oleh lembaga akreditasi independen di luar lembaga, dan hasilnya adalah pengakuan bahwa lembaga yang dinilai telah mematuhi dan mematuhi standar mutu yang telah ditetapkan. Dalam hal ini akreditasi sekolah dilakukan oleh BAN SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madarasah). Berdasarkan hasil akreditasi ini, lembaga ini dinilai layak untuk menjalankan dan melaksanakan semua programnya.

Dengan demikian, akreditasi adalah proses berkelanjutan untuk mengevaluasi dan menilai nilai suatu institusi. Artinya akreditasi juga merupakan proses penilaian dan evaluasi mutu dan mutu penyelenggara pendidikan.

Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN-S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.

INSTRUMEN DAN PERANGKAT AKREDITASI SMA-MA TAHUN 2022 NOMOR 209/P/2021

IASP-2020 dikembangkan dengan menitikberatkan penilaian pada 4 (empat) komponen penilaiann yaitu Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru, dan Manajemen Sekolah/Madrasah dan mencakup jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan SLB. Pengembangan IASP -2020 yang memakan waktu selama 2 (dua) tahun ini telah dilakukan mengacu pada banyak hasil penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional terkait sekolah/madrasah efektif, akreditasi, dan riset-riset terkait penjaminan mutu pendidikan. Dalam penyusunannya, IASP-2020 juga dirancang dengan melibatkan banyak pakar dari berbagai lata rbelakang (termasuk pakar dari luar negeri), praktisi pendidikan, BAN -S/M Provinsi dan asesor yang selama ini konsen dengan program akreditasi sekolah/madrasah.

Alat dan alat sertifikasi tingkat SMA MA 2022 menggunakan IASP 2020 yang ditingkatkan. Seperti yang kita ketahui bersama, pada tahun 2019, BAN-S/M menetapkan kebijakan prioritas untuk mengembangkan Perangkat Sertifikasi baru atau biasa disebut Perangkat Sertifikasi Satuan Pendidikan (IASP-2020). Mengingat banyaknya perubahan dalam dinamika pendidikan, ada kebutuhan mendesak untuk mempersiapkan perangkat sertifikasi baru. Juga, karena BAN-S/M akan mengadopsi pendekatan baru untuk menilai akreditasi sekolah/madrasah, dari penilaian berbasis manajemen (kepatuhan) hingga penilaian berbasis kinerja (berbasis kinerja), alat baru ini perlu disiapkan. prinsip.

IASP-2020 telah diujicobakan sebanyak dua kali, pada tahun 2019 di 4 provinsi yaitu Sumatera Barat, Jawa Barat, DIY dan Sulawesi Selatan, kedua kalinya di 34 provinsi yang melibatkan 561 sekolah/madrasah menargetkan 28 September hingga 3 Oktober 2020 untuk pengujian.

Perangkat dan perangkat Sertifikasi Tingkat SMA MA 2022 pada awalnya didasarkan pada Keputusan Menteri ini diikuti oleh Peraturan Menteri Nomor 3 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 1005/P/2020 tentang Standar Akreditasi dan Perangkat Pendidikan Dasar dan Menengah. Namun, kini telah direvisi atau disempurnakan dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 109/P/2021 tentang Standar dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Bagi yang membutuhkan Alat dan Perangkat Bersertifikat MA Tingkat SMA 2022, silahkan download melalui link yang telah disediakan dibawah ini.


Post a Comment for "INSTRUMEN DAN PERANGKAT AKREDITASI SMA-MA TAHUN 2022 NOMOR 209/P/2021"