Cara Mengajukan Bantuan PIP Siswa Madrasah Tahun 2022 - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengajukan Bantuan PIP Siswa Madrasah Tahun 2022


Pengertian PIP

Program Indonesia Pintar merupakan program bantuan pemerintah dalam bentuk uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar yang diberikan kepada siswa dan siswi dari keluarga miskin atau rentan, tujuannya untuk mendanai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). PIP merupakan kerjasama tiga kementerian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Agama (Kemenag).

PIP dirancang untuk membantu anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan/prioritas untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, dan melalui pendidikan formal (dimulai SD/MI sampai anak tamat SMA/SMK/MA) dan pendidikan nonformal (Paket A sampai C dan kursus standar). Melalui program ini, pemerintah berupaya untuk mencegah siswa putus sekolah dan diharapkan dapat menarik siswa yang putus sekolah untuk melanjutkan pendidikan. PIP juga harus mengurangi biaya pribadi pendidikan siswa, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Cara Mengajukan PIP Tahun 2022



Dalam video di atas dijelaskan bahwa pengajuan PIP bagi siswa yang sudah mempunyai kartu Indonesi Pintar (KIP) ialah melalui akun EMIS Operator. Selanjutnya akan dimasukkan oleh sistem ke Verval PIP.

Login SIPMA Madrasah

Tahun 2022 ini diluncurkan website akun untuk memonitorin penyaluran bantuan PIP. Akun ini terdiri dari akun pusat, propensi, kabupaten, dan madrasah.

Berikut Link, Username dan Password untuk masuk pada akun SIPMA
Link - https://pipmadrasah.kemenag.go.id/
Username - 'NSM Madrasah'
Password Awal - 'NSM Madrasah'
Sangat direkomendasikan untuk merubah password.

Demikian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengajukan Bantuan PIP Siswa Madrasah Tahun 2022"