Rumus Rata-Rata dalam Excell - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Rata-Rata dalam Excell


Rata-rata dalam Excel dengan menggunakan rumus bisa dimanfaatkan untuk mempercepat dalam menghitung nilai rata-rata. Rata-rata ini bisa digunakan dalam rekap nilai dan semacamnya.

Berikut Cara Hitung Rata-rata dengan rumus di Excel yang mudah dilakukan. Rumus rata-rata ini merupakan rumus hitung yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data yang dibagi dengan banyaknya data. Dalam menghitung rumus rata-rata Excel, kita mengenal adanya sintaksis atau cara penulisan fungsi Excel sebagai berikut:

  1. Average, merupakan nama dari fungsi Excel untuk menghitung nilai rata-rata.
  2. Angka 1, yang merupakan angka pertama yang harus diisi, yang merupakan referensi sel atau rentang yang akan dihitung nilai rata-ratanya.
  3. Angka 2, sifatnya opsional, boleh diisi atau tidak diisi. Merupakan angka tambahan laun atau rentang yang akan dihitung nilai rata-ratanya dengan jumlah maksimal 255 sel.

Adapun contoh penggunaan rumus hitung rata-rata di dalam Excel sebagai berikut :

  • Seumpama kita akan menghitung jumlah rata-rata dari angka 20, 30, 20, 10, 30, 10. Maka cara untuk menghitung rumus rata-rata Excel adalah sebagai berikut:
  • Masukkan angka tersebut pada kolom A, tulis mulai dari A1-A7.
  • Letakkan kursor ke baris nilai rata-rata kemudian ketikkan rumus =average(A1:A7) kemudian tekan enter.
  • Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah rumus =average(, tandai seluruh data dari kolom C baris 2 sampai baris 11 kemudian beri tanda tutup kurung dan tekan enter.

Bila anda sudah mencoba cara diatas, namun belum berhasil silahkan tinggalkan komentar dibawah.

 



 

Post a Comment for "Rumus Rata-Rata dalam Excell"