Sekilas Tentang EMIS 4.0 - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang EMIS 4.0

Apa itu EMIS 

Emis adalah singkatan dari Education Management Information System, yang merupakan sebuah sistem informasi dikembangkan oleh kementerian agama bertujuan untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam. EMIS terus diupdate dari tahun ke tahun menyesuaikan kebutuhan dari data lembaga dan juga masukan dari berbagai sumber.

Pada Kamis, 25 Februari 2021 telah dilakukan perilisan EMIS 4.0. EMIS adalah Call Name yang merujuk pada Platform Sistem Pendataan Pendidikan bagi seluruh Satuan Pendidikan di bawah binaan Kementerian Agama.

Emis 4.0 sebagai Gerbang Data Pendidikan di Kementerian Agama disiapkan dapat terintegrasi berbagai aplikasi internal dan eksternal. Saat ini tengah dikembangkan empat aplikasi lain berbasis EMIS 4.0 yakni aplikasi e-RKAM (Rencana Kerja Anggaran Madrasah), EDM (Evaluasi Diri Madrasah), Asessmen Siswa Madrasah, dan Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Rilis juga sekaligus memperkenalkan logo EMIS 4.0. Logo penuh makna dan harapan agar aplikasi ini dapat menjadi wadah data utama yang lebih terpercaya, akurat dan valid.

Fitur awal yang sudah dapat digunakan diantaranya adalah :

1. Registrasi Akun untuk Pimpinan Lembaga

2. Perubahan Data Lembaga

3. Konfirmasi Data Lembaga

4. Monitoring Konfirmasi Data Lembaga

Untuk login ke EMIS 4.0 melalui link https://emis.kemenag.go.id/login. Username dan Password yang digunakan sesuai dengan Username dan Password yang dipakai di EMIS Pendis, atau bisa menghubungi Operator EMIS Kabupaten.

 

Post a Comment for "Sekilas Tentang EMIS 4.0"