Instrumen Asesmen Madrasah (AM) Al Qur'an Hadis tingkat MA - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instrumen Asesmen Madrasah (AM) Al Qur'an Hadis tingkat MA



Instrumen Asesmen Madrasah (AM) untuk mata pelajaran Al Qur'an Hadis di tingkat Madrasah Aliyah (MA) sederajat merupakan alat evaluasi yang dirancang secara sistematis untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Instrumen ini terdiri dari empat komponen utama, yaitu: Sampul, Kisi-Kisi, Bank Soal, serta Kunci Jawaban dan Skoring.

1. Sampul: Bagian ini mencakup informasi dasar tentang instrumen asesmen, seperti judul, mata pelajaran, tingkat pendidikan, serta identitas penyusun. Sampul memberikan pengantar dan legitimasi resmi instrumen yang digunakan.

2. Kisi-Kisi: Dokumen ini berfungsi sebagai panduan dalam pembuatan soal, berisi pemetaan kompetensi dasar dan indikator yang akan diukur. Kisi-kisi membantu memastikan bahwa setiap soal yang dibuat sesuai dengan tujuan kurikulum dan mencakup berbagai aspek kemampuan siswa.

3. Bank Soal: Merupakan kumpulan soal yang telah disusun berdasarkan kisi-kisi. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi Al Qur'an dan Hadis, mencakup berbagai bentuk soal seperti pilihan ganda, isian singkat, dan esai.

4. Kunci Jawaban dan Skoring: Bagian ini menyediakan jawaban yang benar untuk setiap soal dan pedoman penilaian. Kunci jawaban memastikan penilaian dilakukan secara objektif dan konsisten, sedangkan skoring memberikan panduan tentang cara memberikan nilai pada jawaban siswa.

Instrumen AM ini dibuat oleh tim pembuat dan telaah instrumen yang ditunjuk secara resmi oleh kepala madrasah melalui surat keputusan. Proses penyusunan ini memastikan bahwa instrumen yang dihasilkan valid, reliabel, dan mampu mengukur kompetensi siswa secara akurat.


Instrumen Asesmen Madrasah (AM) Al Qur'an Hadis tingkat MA

Contoh soal Asesmen Madrasah Al Qur'an Hadis

Berikut merupakan contoh soal Asesmen Madrasah Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis untuk tingkat Madrasah Aliyah,

Telaah dan cermati ayat-ayat berikut!
ثُمَّ خَلَقۡنَا ٱلنُّطۡفَةَ عَلَقَةٗ فَخَلَقۡنَا ٱلۡعَلَقَةَ مُضۡغَةٗ فَخَلَقۡنَا ٱلۡمُضۡغَةَ عِظَٰمٗا فَكَسَوۡنَا ٱلۡعِظَٰمَ لَحۡمٗا ثُمَّ أَنشَأۡنَٰهُ خَلۡقًا ءَاخَرَۚ فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ أَحۡسَنُ ٱلۡخَٰلِقِينَ ١٤ 
Tahapan penciptaan manusia sesuai ayat tersebut adalah ....
A. Sel sperma - Darah - Daging - tulang - janin - manusia
B. Saripati tanah - sperma dan ovum - zygot - embrio - janin - manusia
C. Tanah - sel telur - sperma - embrio - zygot - janin - manusia
D. Manusia - janin - zygot - ovum - saripati tanah - tulang - manusia
E. Tanah lempung - ruh - potensi hidup - blastosis - janin – manusia

Perhatikan QS. Al-Baqoroh:30 berikut!
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأرْضِ خَلِیفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِیھَا مَنْ یُفْسِدُ فِیھَا وَیَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْن نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لا تَعْلَمُونَ
Ayat di atas menjelaskan tentang….
A. Manusia sebagai makhluk paling sempurna
B. Manusia sebagai pemimpin di bumi
C. Manusia selalu menyembah Allah
D. Malaikat selalu bertasbih kepada Allah
E. Malaikat mengajak manusia untuk tasbih kepada Allah

{وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ  [الذاريات: 56
Allah telah menciptakan berbagai macam jenis makhluqnya, ada malaikat, iblis, Jin Manusia, Hayawan dll, berdasarkan ayat di atas, makhluq yang dituntut untuk beribadah kepada Allah ialah…..
A. Malaikat
B. Manusia
C. Jin
D. Iblis
E. b dan c benar

Setelah janin dalam kandungan di beri ruh oleh Malaikat, maka di tentukanlah 4 perkara, yang tidak termasuk dari 4 itu ialah…
A. Rizqi
B. Ajal
C. Amal
D. Jodoh
E. Hidup sengsara/ Bahagia

Perhatikan QS. Luqman [31]: 15 berikut!
وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰٓ أَن تُشۡرِكَ بِي مَا لَيۡسَ لَكَ بِهِۦ عِلۡمٞ فَلَا تُطِعۡهُمَاۖ وَصَاحِبۡهُمَا فِي ٱلدُّنۡيَا مَعۡرُوفٗاۖ وَٱتَّبِعۡ سَبِيلَ مَنۡ أَنَابَ إِلَيَّۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرۡجِعُكُمۡ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ ١٥ 
Perkara yang boleh ditentang oleh seorang anak terhadap perintah orang tuanya sebagaimana diterangkan dalam ayat di atas adalah ….
A. perjodohan
B. minuman keras
C. berjudi
D. menyekutukan Allah
E. mengundi nasib


Untuk versi lengkap Instrumen AM Mapel Al Qur'an Hadis dapat didownload melalui link berikut di bawah ini.

Terima kasih.


Informasi Investasi Saham, Obligasi, dan Sukuk

Mari bergabung bersama kami menginvetasikan kekayaan di Saham, Obligasi, dan Sukuk. Klik gambar berikut!


Post a Comment for "Instrumen Asesmen Madrasah (AM) Al Qur'an Hadis tingkat MA"