Jadwal SPAN-PTKIN Tahun 2024 - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal SPAN-PTKIN Tahun 2024


Tentang SPAN PTKIN

Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, proses penerimaan mahasiswa baru di institusi-institusi keagamaan di Indonesia dilakukan melalui dua pola seleksi utama. Pertama adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), yang merupakan seleksi nasional yang diatur secara terpadu dan dipimpin oleh Panitia Pelaksana yang ditunjuk oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pendaftaran untuk SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga para calon mahasiswa tidak perlu membayar biaya pendaftaran.

Selain SPAN-PTKIN, terdapat juga Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), yang merupakan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan bersama oleh perguruan tinggi. Kedua pola seleksi ini terbuka bagi semua calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang jenis kelamin, agama, ras, suku, status sosial, atau kemampuan ekonomi.

Perguruan tinggi keagamaan memiliki kewenangan untuk menerima calon mahasiswa yang telah menunjukkan prestasi akademik tinggi, serta direkomendasikan oleh kepala sekolah atau madrasah setelah menyelesaikan pendidikan menengah. Siswa yang telah membuktikan prestasinya dengan konsisten berpotensi untuk diterima sebagai calon mahasiswa di perguruan tinggi melalui proses SPAN-PTKIN. Hal ini dilakukan dengan tujuan memastikan bahwa proses penerimaan mahasiswa baru berlangsung secara adil, transparan, dan tidak diskriminatif, serta memperhatikan potensi dan kekhususan perguruan tinggi keagamaan.

Ketentuan SPAN PTKIN

Secara umum, ketentuan SPAN PTKIN ialah sebagai berikut:
  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.
  2. Satuan Pendidikan yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah masing - masing.

Selain ketentuan umum di atas, terdapat pula ketentuan khusus bagi calon lulusan yang ingin daftar SPAN PTKIN sebagai berikut:
  1. Siswa Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2024.
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  4. Memiliki nilai rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1 yang telah diisikan di PDSS.

Jadwal SPAN PTKIN Tahun 2024

Berikut jadwal kegiatan SPAN PTKIN di Tahun 2024
  • Pengisian PDSS : 22 Januari - 5 Feb 2024. Diperpanjang s/d 10 Feb 2024
  • Verifikasi PDSS : 22 Januari - 5 Feb 2024. Diperpanjang s/d 10 Feb 2024
  • Pendaftaran (siswa) : 12 Februari - 15 Maret 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 02 April 2024
  • Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi : Ditetapkan di masing-masing PTKIN

Informasi Investasi Properti
Mari gabung bersama kami menginvestasikan kekayaan di properti, klik gambar berikut!


Post a Comment for "Jadwal SPAN-PTKIN Tahun 2024"