Pemberitahuan Verifikasi dan Validasi Data SNPMB Tahun 2024 - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemberitahuan Verifikasi dan Validasi Data SNPMB Tahun 2024


Halo, Sahabat Pendidikan! Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 4874/JI/DS.00.01/2023 pada tanggal 3 November 2023. SE ini berisi tentang Pemberitahuan Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan dan Peserta Didik untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024.


Pemberitahuan Verifikasi dan Validasi Data SNPMB Tahun 2024

Dalam rangka memastikan kelancaran dan keakuratan proses seleksi SNPMB, kami ingin
menginformasikan bahwa data yang digunakan dalam seleksi ini berasal dari mekanisme DAPODIK dan mekanisme EMIS pada semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Verifikasi dan Validasi data dukung SNPMB sangat penting, dan berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

1. Verifikasi Data Satuan Pendidikan:
- Data ini mencakup informasi mengenai identitas Satuan Pendidikan. Jika ada data yang tidak sesuai, pemutakhiran data dapat dilakukan melalui aplikasi VervalSP oleh Operator Satuan Pendidikan. Untuk validasi data Akreditasi Satuan Pendidikan, pemutakhiran data dilakukan melalui mekanisme BAN-SM.

2. Validasi Data Peserta Didik:
- Data ini mencakup jumlah Peserta Didik yang sudah valid, unik, dan tunggal, serta jumlah residu Peserta Didik. Residu Peserta Didik adalah Peserta Didik yang belum memiliki NISN, tercatat di lebih dari satu Satuan Pendidikan, tercatat di lebih dari satu Rombongan Belajar, dan belum tercatat pada Jurusan.
- Pemutakhiran data Peserta Didik dilakukan melalui aplikasi VervalPD oleh Operator Satuan Pendidikan.
- Untuk perbaikan data identitas Peserta Didik (NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung), Peserta Didik dapat melakukannya sendiri melalui laman [https://nisn.data.kemdikbud.go.id].

Kami memohon bantuan dan kesediaan Anda untuk menginformasikan kepada operator Satuan Pendidikan di wilayah Anda agar memastikan data Satuan Pendidikan jenjang SMA/SMK/sederajat telah diverifikasi dan divalidasi, terutama data yang belum lengkap dan/atau tidak sesuai, serta residu Peserta Didik. Rekapitulasi data residu Satuan Pendidikan dan Peserta Didik dapat dilihat melalui tautan [https://referensi.data.kemdikbud.go.id/residu].


Download SE Verval Data SNPMB Tahun 2024

Surat Edaran tentang Verval Data SNPMB Tahun 2024 dapat didownload melalui berikut ini,



Terima kasih.

Post a Comment for "Pemberitahuan Verifikasi dan Validasi Data SNPMB Tahun 2024"