Cara Meluluskan Siswa di PDUM - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meluluskan Siswa di PDUM

Tahap akhir proses KBM ialah penilaian kemampuan siswa. Di tingkat madrasah aliyah, hasil penilaian ini berlanjut pada status naik atau tidak naik, bagi kelas akhir berlanjuta pada Lulus atau Tidak Lulus.

Standarisasi kenaikan dan kelulusan siswa harus mengacu pada kriteria kenaikan kelas dan kelulusan siswa yang sudah disusun dan disahkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Siswa yang dinyatakan lulus, diberikan kepadanya bukti kelulusan berupa Ijazah dan Surat Kelulusan (SKL). Begitu pula siswa yang dinyatakan naik kelas diberi rapor sebagai bukti naik kelas.

Perbedaan PDUM dan RDM

Bagi madrasah ada 2 (dua) aplikasi yang harus diproses oleh admin yang ditunjuk, yaitu PDUM (Pangkalan Data Ujian Madrasah) dan RDM (Rapor Digital Madrasah).

PDUM merupakan aplikasi khusus kelas akhir di satuan pendidikan madrasam. Dalam PDUM, semua data kelas akhir diproses. Data tersebut bersumber dari data EMIS madrasah, di PDUM pulalah Status kelulusan, Nilai Ijazah, Nomor Seri Ijazah dimasukkan.

Sedangkan, RDM merupakan aplikasi rapor untuk setiap jenjang. Baik kelas 10, 11, dan 12 bagi madrasah aliyah. Dari RDM inilah awal proses penilaian Penilaian Harian (PH), Penialai Akhir Semester (PAS), dan nilai Penialan Akhir Tahun (PAT) diinput oleh guru mapel. Selanjutnya, Wali kelas mengisi nilai sikap, nilai spiritual, absensi, pesan kesan, prestasi, hingga kenaikan kelas.

Hasil, PDUM merupakan aplikasi khusus kelas akhir di madrasah, sedangkan RDM untuk semua tingkatan kelas.

Cara Meluluskan Siswa di PDUM

Kelulusan siswa madrasah aliyah (MA) dan yang sederajat tahun 2023 dapat diumumkan pada tanggal 5 Mei 2023. Pengumuman ini, teknisnya sesuai dengan kondisi madrasah. Berikut ini kami shere cara meluluskan siswa di PDUM.


  1. Masuk akun PDUM di - https://pdum.kemenag.go.id/
  2. Masukkan Username dan Password, serta centang I'm not a robot. Lalu klik Log In
  3. Pilih Bagian Pendataan -> Asesmen Madrasah -> Status UM
  4. Klik "Lulus" satu per satu siswa dibagian aksi
  5. Masukkan nilai rata-rata Ijazah
  6. Selesai
  7. Siswa yang sudah diluluskan, otomatis masuk pada daftar alumni

Proses di atas hanya dapat dilakukan oleh Operator Madrasah.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Meluluskan Siswa di PDUM"