Cara Cetak Sertifikat Peserta KSM 2022 - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cetak Sertifikat Peserta KSM 2022

Sertifikat dalam wiktionary diartikan sebagai tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian. Diantara penggunaan sertifikat biasanya diberikan kepada peserta workshop, pelatihan, dan olimpiade. Dalam tulisan ini, sertifikat yang dimaksud ialah Sertifikat KSM Tahun 2022.

Cara Cetak Sertifikat Peserta KSM 2022

Sertifikat KSM tingkat Kabupaten diberikan kepada semua peserta yang menguikuti Kompetisi Sains Madrasah pada 13 - 15 Agustus 2022. Sertifikat berupa bukti keikutsertaan dan ada pula sebagai juara dalam KSM tingkat kabupaten/kota. Lalu bagaimana Cara Cetak Sertifikat Peserta KSM 2022??? Jawabnnya dapat ditemukan melalui tutorial video berikut ini,


Tahapan Cetak Sertifikat KSM Tingkat Kabupaten/Kota

Sertifikat KSM tingkat kabupaten/kota dapat dicetak oleh operator madrasah di akun KSM madrasah masing-masing. Berikut tahapan-tahapannya:
1. Buka browser google crhome
2. Masukkan IP : https://ksm.kemenag.go.id/ksm/login kemudian Enter
3. Masukkan NSM dan Password
4. Pilih bagian Pengumuman
5. Klik Cetak Sertifikat setiap peserta KSM

Kendala Cetak Sertifikat KSM

Dalam cetak sertifikat KSM ada beberapa kendala yang sering muncul, diantara ialah sertifkat terdeteksi eror (ex : Failed to load PDF document) sebagaimana tampilan berikut,


Problem tersebut dapat diatasi dengan cara clear cache melalui delete history di google crhome. Ada pula yang beralih menggunakan mozilla firefox, sehingga sertifikat dapat didownload untuk dicetak dan dibagikan kepada peserta KSM.

Demikian, semoga bermanfaat,

Post a Comment for "Cara Cetak Sertifikat Peserta KSM 2022"