Soal dan Jawaban Ujian Madrasah Mapel Bahasa Indonesia - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Jawaban Ujian Madrasah Mapel Bahasa Indonesia

Berikut ini merupakan Contoh Soal dan Jawaban Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jurusan IPA, IPS, Bahasa, dan AGAMA untuk Ujian Madrasah Berstandar Nasional yang dapat digunakan oleh Madrasah Aliyah dan sederajat.


Berikut Soal dan Jawaban Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Bacalah paragraf rumpang berikut!
Program tersebut akan ditiadakan. Banyak orang tidak setuju dengan dihapusnya program akselerasi. Mereka tidak setuju apabila alasan yang digunakan untuk menutup program akselerasi adalah biaya yang mahal . {...} Apabila ada biaya yang dikatakan sedikit lebih mahal, itu wajar karena mereka mendapatkan kepadatan materi sekolah reguler.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
A. Program akselerasi terlalu mahal. Meskipun demikian, program ini tidak perlu dihapuskan. Akselerasi dibutuhkan oleh siswa yang mempunyai kelebihan dalam bidang akademik.
B. Program akselerasi dapat mewadahi bakat dan minat siswa yang dapat belajar dengan langkah yang lebih cepat.
C. Program akselerasi dapat meningkatkan efesian waktu bagi anak atau siswa yang mempunyai kelebihan di bidang akademik.
D. Apabila dijumlahkan biaya program akselerasi hampir sama besar dengan jumlah biaya pada program reguler.
E. Dengan program akselerasi siswa dapat menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi.

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Kiranya tak salah jika ada yang menganggap korupsi sebagai bagian inheren dalam budaya masyarakat.
2) Budaya korupsi sudah sampai pada tingkat yang demikian kompleks.
3) Hal inilah kemudian yang sering kali dijadikan pembenaran bagi sikap apatis dan tidak melakukan apa-apa untuk menghilangkan praktek haram tersebut.
4) Sepertinya ada perasaan aneh bila tidak melakukan korupsi.
5) Masyarakat sudah tak mampu lagi berfikir jernih dengan menganggap korupsi seperti hak asasi manusia yang biasa atau bahkan harus dilakukan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah...
A. 2), 1), 3), 4), 5)
B. 2), 1), 5), 3), 4)
C. 1), 2), 3), 4), 5)
D. 2), 1), 3), 5), 4)
E. 3), 1),3), 4), 5)

Bacalah Paragraf berikut!
Banyak orang yang selama ini hanya mengagungkan kecerdasan intelektual (IQ). Padahal kecerdasan emosional juga sama pentingnya dalam kehidupan. Bahkan, kemampuan untuk mengekspresikan dan mengendalikan emosi dinilai para psikolog lebih penting daripada IQ dalam menentukan kesuksesan seseorang.
Tanda-tanda kecerdasan emosional yang rendah, antara lain sering berargumen, tidak dapat mengontrol emosi, kurang empati, dan selalu menyalahkan orang lain. Minimnya kecerdasan emosional pada akhirnya dapat memengaruhi kesehatan fisik Anda. Misalnya, jika Anda merespons tiap masalah dengan marah, hal ini ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
“Sudah ada penelitiannya, bahwa orang yang menanggapi masalah dengan marah-marah memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi. Tubuh juga mengeluarkan hormon kortisol dan adrenalin saat stres melanda, dan kedua hormon ini dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dan trigliserida,” kata dr. Alberta Jesslyn Gunardi
Simpulan teks tersebut adalah...
A. Kecerdasan intelektual (IQ) lebih penting dari kecerdasan emosional dalam menentukan kesuksesan seseorang.
B. Kemampuan mengekspresikan dan mengendalikan emosi lebih penting dalam menentukan kesuksesan seseorang.
C. Kecerdasan emosional sangat penting dalam kehidupan. Minimnya kecerdasan emosional pada akhirnya mempengaruhi kesehatan fisik.
D. Orang yang menanggapi masalah dengan marah-marah memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Tubuh mengeluarkan hormon kortisol dan andrenalin saat stres melanda.
E. Tanda-tanda kecerdasan emosional rendah antara lain sering berargumen, tidak dapat mengontrol emosi , kurang empati dan selalu menyalahkan orang.

Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Men sana in corpora sano, di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat! Itu merupakan slogan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan ketahanan hidup. Bahwa kita hidup tidak hanya membutuhkan badan yang sehat, melainkan juga jiwa yang sehat. Oleh karena itulah, maka kita perlu memahami pentingnya olahraga dalam menjaga kesehatan kita.
Ada hal utama yang perlu kita jaga dalam kehidupan kita, yaitu kesehatan. Kesehatan ini sangat mahal harganya sebab ketika kita kehilangan, maka kita harus membayar dalam jumlah uang yang besar. Saat kita sakit, pada saat itulah kita mengerti betapa pentingnya kesehatan bagi kita. Padahal, untuk dapat memperoleh kesehatan ternyata tidak sulit dan tidak mahal.
Selama ini kita sering mengabaikan pentingnya olahraga bagi kesehatan badan kita. Hal ini dapat kita lihat dari gaya hidup kita yang lepas kendali. Kita sudah mengabaikan gaya hidup sehat yang selama ini kita jadikan sebagai pola kehidupan kita. Terlalu banyak kegiatan yang harus kita lakukan sehingga sering melupakan dan mengabaikan usaha penyehatan diri. Dan, olahragapun tidak pernah lagi kita lakukan.

Teks 2
Jika kita bertanya kepada seseorang terkait dengan kesehatan, mereka pasti menginginkan kehidupannya penuh dengan kesehatan. Mereka tidak ingin kehilangan kesehatan. Tetapi, gaya hidup mereka sama sekali tidak mencerminkan gaya hidup sehat. Akibatnya, banyak dari mereka yang jatuh sakit dan justru tingkat sakitnya pada stadium tinggi. Kelihatan sehat, tetapi keropos di dalamnya.
Sekali lagi, harga kesehatan itu sangat mahal. Bisa jadi gaji sebulan yang kita dapatkan dari kerja, ludes untuk pengobatan sakitselama seminggu, bahkan sehari saja. Oleh karena itulah, maka sejak sekarang sebaiknya kita mengubah gaya hidup yang selama ini kita anut. Lakukan hal-hal yang positif dan hindari hal-hal negatif dalam kehidupan ini. Dan, seperti kita ketahui, untuk melakukan hal-hal positif ternyata lebih sulit dibandingkan dengan melakukan hal-hal negative. Seperti halnya untuk melakukan sesuatu yang menyehatkan badan lebih sulit daripada merusak kesehatan badan.
Persamaan isi kedua teks tersebut adalah...
A. Setiap orang menginginkan kehidupan penuh kesehatan tetapi gaya hidupnya bukan gaya hidup sehat
B. Pentingnya kesehatan bagi kita karena harga kesehatan sangat mahal.
C. Kita hidup tidak hanya membutuhkan badan yang sehat saja melainkan jiwa yang sehat
D. Orang yang gaya hidupnya tidak sehat akan jatuh sakit dan tingkat sakitnya pada stadium tinggi.
E. Pentingnya olahraga agar badan dan jiwa sehat

Bacalah dua kutipan teks berikut!
Teks 1
Ada dua manfaat menabung. Pertama, dengan menabung kita dapat membeli barang yang kita inginkan menggunakan uang tabungan. Jadi, kita bisa lebih menghargai barang yang kita beli. Kedua, menabung juga bisa melatih berhemat. Jika sejak kecil kita belajar berhemat, kita akan terbiasa mengatur penggunaan uang.

Teks 2
Menabung memang hal yang penting. Menabung juga saat bermanfaat. Dengan menabung kita dapat memiliki barang-barang yang kita butuhkan. Dengan menabung kita juga memiliki dana cadangan saat diperlukan. Sebaliknya dengan menghamburkan uang, hidup kita jadi tidak terencana. Sikap suka menabung perlu ditanamkan sejak kecil..
Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah...
A. Menabung sangat bermanfaat bagi kita.
B. Dengan menabung kita memiliki dana cadangan saat diperlukan.
C. Dengan menabung kita dapat memiliki atau membeli barang yang kita inginkan.
D. Ada dua manfaat menabung
E. Menabung harus dibiasakan sejak kecil.

Bacalah teks berikut ini!
Dengan adanya jembatan baru itu, maka masyarakat setempat bisa menggunakannya untuk lalu lintas perdagangan antar daerah dan perekonomian daerah akan meningkat serta membumbung naik.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah...
A. Adanya jembatan baru itu , maka masyarakat setempat bisa menggunakannya untuk lalu lintas perdagangan antar daerah dan perekonomian daerah akan membumbung ke atas.
B. Dengan adanya jembatan baru itu, maka masyarakat setempat bisa menggunakannya untuk lalu lintas perdagangan daerah sehingga perekonomian daerah akan meningkat.
C. Dengan adamya jembatan baru itu , maka masyarakat setempat bisa menggunakannya untuk lalulintas perdagangan antar daerah dan perekonomian daerah akan meningkat naik.
D. Dengan adanya jembatan baru itu, maka masyarakat setempat bisa menggunakannya untuk lalu lintas perdagangan dan perekonomian daerah akan meningkat serta membumbung tinggi.
E. Adanya jembatan baru itu , maka masyarakat setempat menggunakannya untuk lalu lintas perdagangan sehingga perekonomian daerah meningkat serta naik pesat.

Perhatikan teks berikut!
Pemilahan sampah sebenarnya bukan kegiatan memberatkan bagi sebagian besar warga. Delapan dari sepuluh warga mengaku bersedia melakukannya, bahkan separuh di antaranya sudah mempraktikkan kebiasaan ini di rumah masing-masing. Hanya saja, gayung tidak bersambut. Sistem pengelolaan sampah di lingkungan tempat tinggal mereka tidak sejalan dengan kebiasaan ini. Alih-alih ikut memilah sampah, petugas sampah justru mencampur kembali dalam satu gerobak yang sama sampah-sampah yang telah dipilih warga.
Mengapa sebagian warga enggan memilah sampah?
A. Sistem pengelolaan sampah tidak sejalan dengan kebiasaan warga memilah sampah.
B. Warga enggan membuang sampah ke gerobak sampah yang sudah disediakan
C. Tidak semua warga melakukan pemilahan sampah di rumah masing-masing.
D. Warga tidak mau sampahnya tercampur dengan sampah rumah tangga warga lain.
E. Kegiatan pemilahan sampah memberatkan warga dan menyita waktu warga.

Wina hanya memiliki...SMA, tetapi ia sukses bekerja dengan...menjahit yang dimilikinya. Ia selalu ingat...ibunya dalam hal menjahit. Bukan...yang penting, tetapi ...jahitannya yang harus diutamakan.
Kata baku yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah...
A. Ijasah, ketrampilan, nasehat, kualitas, kuantitas.
B. Ijazah, keterampilan, nasihat, kualitas, kuantitas.
C. Ijasah, ketrampilan, nasihat, kualitas, kuantitas.
D. Ijazah, keterampilan, nasihat, kuantitas, kualitas.
E. Ijazah, ketrampilan, nasihat, kualitas, kuantiti.

Cermati penggalan cerita berikut!
Riwanto minta cuti agar dapat menyelesaikan persoalan keluarganya maksudnya, lebih lama berada ditengah keluarga, yaitu mengembalikan kegembiraan kepada anak-anaknya. Kini, yang membuat dia hancur adalah mencari orang pengganti ibu. Ibunya telah kelihatan semakin rapuh. Tentu semakin tidak cekatan untuk mengatasi dan menyerahkan kedua cucunya itu. Sedangkan dalam hatinya muncul satu tekad, ia sendiri harus kembali ke laut. Berlayar mengarungi samudera luas, karena laut sudah merupakan bagian dalam hidupnya
Konflik dalam penggalan cerpen tersebut adalah...
A. Riwanto merasa bertanggung jawab sebagai ayah dari kedua anaknya
B. Riwanto mencintai anak-anaknya dan mencintai ibunya yang sudah tua
C. Riwanto segera mencari ibu pengganti istrinya atau mengarungi samudera luas
D. Riwanto minta cuti agar dapat menyelesaikan persoalan
E. Riwanto ingin lebih lama dekat dengan anak-anaknya, tetapi ia harus segera berlayar

Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Sugiarti kemudian berbicara panjang lebar tentang politik pergerakan dan peranan R.M. Himodigdo, ayah yang dihormatinya, yang agaknya membuatnya belajar tentang kemerdekaan berpikir. Nyatanya, sang putri tidak siap menerima dua jagat yang sama sekali tak sejalam dalam satu atap kehidupannya. Ia pun tampak kesulitan meninggalkan jagat kemapanan, jagat pikir lingkungan yang membesarkannya. Ibunya seorang priyayi Jawa, yang amat kuat mengetengahkan keningratan sebagai prasyarat yang tak bisa diganggu gugat.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Tokoh Sugiarti dipaksa ikut politik pergerakan oleh ayahnya.
B. Ketidaksiapan tokoh Sugiarti menghadapi pola pikir berbeda.
C. Ketidaksiapan tokoh Sugiarti meninggalkan kemapanan.
D. Tokoh Sugiarti dipaksa meninggalkan rumah oleh ibunya.
E. Tokoh Sugiarti dipaksa meninggalkan keningratan dan ikut ayahnya.

Download Soal dan Jawaban Soal Ujian Madrasah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Bentuk Word DISINI



Post a Comment for "Soal dan Jawaban Ujian Madrasah Mapel Bahasa Indonesia"