Cara Daftar UM-PTKIN Tahun 2023 - OPMA BAWEAN
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar UM-PTKIN Tahun 2023

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau yang disingkat menjadi UM-PTKIN telah dibuka pendaftarannya secara online mulai tanggal 10 April hingga 15 Mei 2023. Persyaratan umum untuk daftar di UM-PTKIN ialah sebagai berikut,

  1. Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS/sederajat lulusan tahun 2021, 2022 dan 2023.
  2. Peserta lulusan tahun 2021 dan 2022 wajib memiliki Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL). dan Peserta lulusan 2023 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL)/Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa.
  3. Peserta wajib memiliki: 1). Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); 2). Email yang aktif dan dapat dihubungi; 3). Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.
  4. Peserta melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman https://um.ptkin.ac.id.
  5. Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.
  6. Peserta memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi pada PTKIN/PTN.
  7. Peserta memilih PTKIN/PTN Titik Lokasi Ujian.
  8. Pendaftaran peserta dinyatakan selesai apabila peserta telah melakukan Finalisasi Pendaftaran.

Cara Daftar UM-PTKIN Tahun 2023

Pendaftaran UM-PTKIN Tahun 2023 ada dua model, yaitu bagi peserta yang sudah mempunyai akun di SPAN PTKIN dan juga bisa bagi peserta yang tidak memiliki akun SPAN-PTKIN.


Pendaftaran UM-PTKIN bagi Peserta SPAN-PTKIN

Peserta didik kelas akhir yang sudah memiliki akun di SPAN-PTKIN karena sudah mengikuti seleksi di jalur prestasi tersebut, namun tidak lulus, bisa langsung mendaftar di UM-PTKIN dengan menggunakan email dan password yang sama saat masuk di SPAN-PTKIN. Kemudian melanjutkan proses pendaftaran UM-PTKIN hingga finalisasi.

Pendaftaran UM-PTKIN bukan peserta SPAN-PTKIN

Peserta didik yang tidak mempunya akun SPAN-PTKIN, juga dapat mendaftar di UM-PTKIN dengan melakukan pembuatan akun PTKIN terlebih dahulu. Data yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut,

  • NISN
  • Tanggal Lahir
  • Nama
  • No. Telp/HP
  • E-mail

Setelah melakukan proses pendaftaran, Username dan password anda akan dikirimkan via e-mail. Jadi, Pastikan alamat e-mail yang dimasukkan adalah alamat e-mail yang valid dan aktif.

Demikian, cara mendaftar di UM-PTKIN Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Daftar UM-PTKIN Tahun 2023"